Manfaat Excavator Dalam Pekerjaan Proyek

excavator
Excavator merupakan salah satu jenis Alat Berat yang paling sering ditemukan diberbagai lokasi. Alat ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu lengan (arm) bahu (boom) serta alat keruk (bucket). Meskipun memiliki fungsi utama sebagai alat untuk menggali, namun excavator terkenal sebagai salah satu alat berat serba guna yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai pekerjaan lainnya. Hampir disetiap lokasi pembangunan, kita akan melihat alat ini. Bahkan, kita bisa melihat alat ini walaupun tidak berada di lokasi pembangungan.
Manfaat Excavator Dalam Pekerjaan Proyek

Alat Excavator memiliki beberapa ukuran yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Excavator yang berukuran mini, sering digunakan untuk kebutuhan perkebunan. Sesuai dengan fungsi utamanya sebagai penggali, excavator berukuran mini ini juga digunakan untuk penggaliandan pengelolaan lahan. Selain itu, Excavator mini ini juga digunakan untuk pembuatan parit dan pasar pikul (jalan akses) di perkebunan sawit. Meskipun berukuran mini, namun kapasitas yang dimiliki oleh excavator ini juga sangat besar sehingga untuk beberapa negara, Excavator digunakan sebagai alat berat untuk pembuatan jalan raya. Excavator berukuran mini ini akan sangat bermanfaat untuk melakukan pekerjaan dilokasi yang tidak dapat dimasuki oleh excavator berukuran normal.

Alat Excavator yang sering kita lihat termasuk ke dalam excavator berukuran sedang. Excavator ini termasuk yang paling umum digunakan, misalnya saja pada proses pembangunan infrastruktur. Selain digunakan untuk mendukung proses pembangunan, excavator ini juga sering digunakan untuk membantuk evakuasi korban bencana alam yang tertimbun. Misalnya saja seperti pada bencana alam longsor, gempa, dan berbagai bencana lainnya yang menyebabkan korban tertimbun dan sulit di evakuasi tanpa bantuan excavator.

Selain digunakan untuk mengevakuasi korban bencana alam, excavator juga sering digunakan untuk mengangkat lumpur yang mengendap di dasar kali. Apalagi, jika sudah mulai memasuki musim hujan. Lumpur yang mengendap di dasar kali, jika dibiarkan terus akan semakin tebal dan membuat jumlah air yang dapat ditampung menjadi berkurang dan beresiko menyebabkan banjir. Sementara, untuk mengangkat lumpur tersebut akan sangat sulit tanpa bantuan excavator. Karena itulah, ketika hampir memasuki musim hujan kita akan sering melihat keberadaan excavator dibeberapa kali yang dianggap memiliki endapan lumpur cukup tebal. Sementara, untuk excavator yang berukuran besar biasanya digunakan oleh perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan.

Merk Excavator

Berikut ini beberapa produsen dan merk alat berat terkenal di Indonesia. Informasi ini sekaligus bisa menjadi referensi bagi Anda sebelum membeli atau menyewa alat berat sesuai dengan kebutuhan.

A. Komatsu

Manfaat Excavator Dalam Pekerjaan Proyek
Komatsu excavator

PT Komatsu Ltd adalah produsen alat berat dari Jepang. Di Indonesia, mereka tidak hanya membuka dealer, tetapi membuka perusahaan baru yang diberi nama Komatsu Indonesia. PT United Tractors ditunjuk sebagai distributor resminya.

Komatsu kini menjadi salah satu brand alat berat ternama di Indonesia dengan kualitas prima. Merk yang ditampilkan tetap Komatsu, dengan jenis produk yang beragam, antara lain bulldozer, hydraulic excavator, dump truck, motor grader, wheel loader, dan sebagainya.

Komatsu Indonesia menjadi salah satu basis produksi Global Komatsu yang punya kelebihan dengan berbagai fasilitas produksi yang terintegrasi. Jadi, bukan hanya memproduksi alat berat itu sendiri, tetapi juga komponen hingga mesin.

Segmen pasar Komatsu Indonesia juga sangat luas. Selain konstruksi, pabrikan ini juga memproduksi alat-alat berat untuk keperluan pertambangan, kehutanan, dan agrobisnis.

B. Sumitomo

Manfaat Excavator Dalam Pekerjaan Proyek
Sumitomo excavator

Sebagaimana Komatsu, Sumitomo juga merupakan produsen alat berat terkemuka dari Jepang. Saat ini memproduksi enam jenis alat berat dengan merk Sumitomo. Produknya mendukung pekerjaan-pekerjaan konstruksi, pertambangan, dan industri lainnya.

Untuk pemasaran di Indonesia, Sumitomo menunjuk PT Oscarmas sebagai distributor utama. Selain itu, ada 14 kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Produk unggulannya yang banyak digunakan di Indonesia adalah excavator dan asphalt paver. Tidak bisa dimungkiri, ketika pemerintah menggencarkan pembangunan infrastruktur, alat berat produksi Sumitomo ikut berperan besar. Apalagi bahan bakarnya sangat irit.

C. Hitachi

Manfaat Excavator Dalam Pekerjaan Proyek
Hitachi excavator

Hitachi Construction Machinery Co. Ltd. merupakan perusahaan peralatan konstruksi asal Jepang, di bawah naungan Hitachi Group. Produk-produknya dinilai memiliki kualitas nomor wahid, awet, serta hemat biaya operasional.

Tak mengherankan jika ekspansi pasarnya sangat luas di level dunia, termasuk mendirikan PT Hitachi Construction Machinery Indonesia. Jenis alat berat yang diproduksinya sangat beragam, yang paling terkenal adalah excavator serta komponen-kompnen alat berat.

D. Kobelco

Manfaat Excavator Dalam Pekerjaan Proyek
Kobelco excavator

Kobelco Construction Machinery Co. Ltd. juga merupakan produsen alat berat ternama asal Jepang. Korporasi ini mempunyai sejarah panjang selama 90 tahun. Mesin konstruksi pertama di Jepang baru ada tahun 1930, yang diproduksi Kobe Steel sebagai cikal bakal Kobelco Contruction Machinery.

Kini perusahaan tersebut memiliki sejumlah anak perusahaan, termasuk Kobelco Cranes Co. Ltd. Tak cuma itu, Kobelco Group juga mengembangkan jaringan pasarnya di Indonesia. Misalnya mendirikan PT Daya Kobelco Contruction Machinery Indonesia (PT Daya Kobelco CMI).

E. Caterpillar Inc (CAT)

Manfaat Excavator Dalam Pekerjaan Proyek
Caterpillar excavator

Caterpillar Inc (CAT) merupakan produsen alat berat dari Amerika Serikat. Produknya terkenal di seluruh dunia. Reputasinya tak perlu diragukan lagi.

CAT mempunyai dealer resmi di Indonesia yang dipercayakan kepada PT Trakindo Utama. Selain alat berat untuk keperluan konstruksi bangunan, CAT juga memproduksi peralatan pertambangan.

Dengan pengalaman lebih dari 90 tahun, CAT membidik tiga segmen industri. Tiga segmen itu adalah industri konstruksi, industri transportasi, serta industri sumber daya mineral dan energi.

Kelima perusahaan di atas bisa disebut produsen alat berat paling dikenal di Indonesia, dengan merk sesuai dengan nama korporasi masing-masing. Produk Caterpillar Inc lebih dikenal dengan merk CAT.

Untuk level global, selain lima pabrikan tersebut, ada beberapa produsen terkenal lainnya di bidang alat berat. Misalnya:

  • Volvo Construction Equipment (Swedia)
  • Sany (Tiongkok)
  • Zoomlion (Tiongkok)
  • Liebherr (Jerman)
  • Terex (Amerika Serikat)
  • John Deere (Amerika Serikat)
  • Doosan Infracore (Korea Selatan)